Beberapa saat yang lalu saya pernah membahas seputar Instalasi OpenGL, apa itu OpenGl bisa anda lihat di sini. Selanjutnya apa yang akan kita lakukan disini adalah bagaimana membuat sebuah Garis (Vertikal, Horizontal, Diagonal) dengan menggunakan OpenGL. baik tanpa panjang Lebar langsung saja kita masuk ke tahap-tahapnya;
  1. Pertama, kita harus membuat suatu project yang gunanya untuk menyimpan code OpenGL yang akan dibuat. Klik File –> New –> Project. 
  2. Setelah itu,akan muncul kotak New Project , klik tab Multimedia dan pilih OpenGL. Karena yang kita bahas adalah C++ , maka bahasa pemrograman yang digunakan adalah C++, Lalu klik OK,               
  3. maka akan muncul suatu project yang sudah terisi dengan berbagai Sintaks program dari OpenGL. OpenGL, header yang dipakai adalah windows.h dan gl.h yang ada pada folder gl                                                     Keterangan: 1. Header yang berlaku (Default) OpenGL
  4. Disini juga kita bisa mengatur ukuran yang akan menampilkan hasil eksekusi dari program yang telah kita buat.                                   Keterangan: 1. Untuk mengatur Layar, 2. Merubah Ukuran Layar
  5. Dan inilah inti dari program yang ingin kita buat,  kita hanya perlu mengubahnya pada bagian didalam “/* OpenGl animation code goes here */. Pada badan Program inilah yang kita gunakan untuk mencoba pemograman garis pada OpenGl dengan builder DevC++. 
  6. selanjutnya mari kita coba untuk membuat Garis (Vertikal, Horizontal, Diagonal).
Garis Vertikal
Untuk Source Code-nya bisa kita ketik seperti pada ganbar di bawah ini;
/* OpenGL animation code goes here */
            glClearColor (8.1f, 0.1f, 0.1f, 0.7f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

            glPushMatrix ();
            glClearColor(1,1,1,0);
            glColor3f(1,1,1); 

            glBegin(GL_LINES);
            glVertex3f(0,0,-0.0);
            glVertex3f(0.0,130.0,0.0);

            glEnd ();
            glPopMatrix ();

            SwapBuffers (hDC);

            Sleep (1);
        }
    }
Berikut adalah screen shoot dari kodingan Garis Vertikal yang sudah kita ketikan.
Berikut adalah screen shoot dari kodingan Garis Vertikal yang sudah kita ketikan.
Untuk melihat hasilnya bisa kita Compile terlebih dahulu dengan memilih Execute => Compile untuk melihat apakah ada kesalahan atau tidak
jika tidak ada error (kesalahan) maka kita bisa langsung menjalankan programnya dengan pilih Execute =>Run
maka hasil yang akan muncul sperti gambar di atas.
Logika Program:
/* OpenGL animation code goes here */Komentar diatas akan selalu muncul untuk menandakan bahwa Program di muali dari sini. Dan dari mulai komentar ini kita dapat menuliskan syntax untuk program OpenGL yang kita inginkan. 
glClearColor (8.1f, 0.1f, 0.1f, 0.7f); glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
sintaks ini kita gunakan untuk memanggil perintah untuk membersihkan layar dan membuat background dari layar output tersebut menjadi hitam.
glPushMatrix ();glClearColor(1,1,1,0);glColor3f(1,1,1); Sementara sintak ini digunakan untuk menentukan warna output dari garis yang akan kita buat.
glBegin(GL_LINES);glVertex3f(0,0,-0.0);glVertex3f(0.0,130.0,0.0);lalu kita gunakan perintah ini untuk memulai menggambar garis dan menentukan titik awal dan akhir dari garis akan akan digambar.
glEnd ();glPopMatrix ();SwapBuffers (hDC);Sleep (1);sintak ini kita gunakan untuk akhir dari gambar garis yang kita buat, dimana akan berakhir pada titik akhir yang sudah ditentukan pada baris sebelumnya.  
        


Garis Horizontal
Untuk Source Code-nya bisa kita ketik seperti pada ganbar di bawah ini;
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix();                                     
glClearColor(1,1,1,0);                              
glColor3f(1,1,1);                            

glBegin(GL_LINES);               
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);               
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);                    
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);                

glEnd();                                                   
glPopMatrix();                                       

SwapBuffers (hDC);                              

Sleep (1);
        }
}

Berikut adalah screen shoot dari kodingan Garis Horizontal yang sudah kita ketikan.
Sama halnya dengan yang garis vertikal, setelah sintaks kita masukkan dan kita Compile dan tidak ada error (kesalahan) kemudian kita bisa menjalankannya dengan pilih Execute =>Run 
maka hasil yang akan muncul sperti gambar di atas.
Logika Program:
/* OpenGL animation code goes here */Komentar diatas akan selalu muncul untuk menandakan bahwa Program di muali dari sini. Dan dari mulai komentar ini kita dapat menuliskan syntax untuk program OpenGL yang kita inginkan. 
glClearColor (0.0f, 0.1f, 0.1f, 0.7f); glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
sintaks ini kita gunakan untuk memanggil perintah untuk membersihkan layar dan membuat background dari layar output tersebut menjadi hitam.
glPushMatrix ();glClearColor(1,1,1,0);glColor3f(1,1,1); Sementara sintak ini digunakan untuk menentukan warna output dari garis yang akan kita buat.
glBegin(GL_LINES);glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);  lalu kita gunakan perintah ini untuk memulai menggambar garis dan menentukan titik awal dan akhir dari garis akan akan digambar.
glEnd ();glPopMatrix ();SwapBuffers (hDC);Sleep (1);sintak ini kita gunakan untuk akhir dari gambar garis yang kita buat, dimana akan berakhir pada titik akhir yang sudah ditentukan pada baris sebelumnya.  


Garis Diagonal
Untuk Source Code-nya bisa kita ketik seperti pada gambar di bawah ini;
/* OpenGL animation code goes here */
            glClearColor (9.1f, 0.1f, 0.1f, 0.1f);  
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 

            glPushMatrix ();
            glClearColor(1,1,1,0); 
            glColor3f(1,1,1); 

            glBegin(GL_LINES);
            glVertex3f(0,0,-0.0);
            glVertex3f(0.9,0.9,0.0);

            glEnd ();
            glPopMatrix ();

            SwapBuffers (hDC);

            Sleep (1);
        }
    }
Dan berikut adalah screen shoot dari kodingan Garis Diagonal yang sudah kita ketikan.
Sama halnya dengan yang garis vertikal dan horizontal, pada garis diagonal ini setelah sintaks kita masukkan dan kita Compile teryata tidak ada error (kesalahan), maka kita bisa menjalankannya dengan pilih Execute =>Run
maka hasil yang akan muncul sperti gambar di atas.
Logika Program:
/* OpenGL animation code goes here */Komentar diatas akan selalu muncul untuk menandakan bahwa Program di muali dari sini. Dan dari mulai komentar ini kita dapat menuliskan syntax untuk program OpenGL yang kita inginkan. 
glClearColor (8.1f, 0.1f, 0.1f, 0.7f); glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
sintaks ini kita gunakan untuk memanggil perintah untuk membersihkan layar dan membuat background dari layar output tersebut menjadi hitam.
glPushMatrix ();glClearColor(1,1,1,0);glColor3f(1,1,1); Sementara sintak ini digunakan untuk menentukan warna output dari garis yang akan kita buat.
 glBegin(GL_LINES);glVertex3f(0,0,-0.0);glVertex3f(0.9,0.9,0.0);lalu kita gunakan perintah ini untuk memulai menggambar garis dan menentukan titik awal dan akhir dari garis akan akan digambar.
glEnd ();glPopMatrix ();SwapBuffers (hDC);Sleep (1);sintak ini kita gunakan untuk akhir dari gambar garis yang kita buat, dimana akan berakhir pada titik akhir yang sudah ditentukan pada baris sebelumnya.  


Itulah sedikit bagaimana cara membuat garis (Vertikal, Horizontal, Diagonal) yang dapat saya sampaikan.  Semoga bermanfaat dan menjadikan hasil yang baik untuk para pembaca sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf, jika ada Kritik dan Saran saya siap menerima, demi kemajuan Penulis di masa yang akan datang.





Membuat Garis dengan OpenGL

Posted on

Senin, 29 Oktober 2012

Leave a Reply