❝Language is the blood of the soul into which thoughts run and out of which they grow.❞ 
Oliver Wendell Holmes


Komunikasi tidak luput dari yang namanya bahasa. Karena dengan Komunikasi, setiap manusia akan dapat mengetahui isi pikiran dan perasaannya masing-masing. Oleh karena itu bahasa memilki peranan penting dalam kehidupan manusia. Tidak heran juga, mengapa sejak kita duduk di bangku sekolah dasar dahulu sudah diajarkan bagaimana menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dari mulai EYD (Ejaan yang Disempurnakan) sampai mengacu kepada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kita pelajari. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana bahasa indonesia ini akan terus melekat dalam hati setiap warga negara indonesia itu sendiri dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa saya sampaikan begitu, karena bahasa indonesia kini tidak hanya dipelajari di negara sendiri tapi juga dipelajari oleh 45 negara di dunia.

Seiring perkembangangan jaman, kini bahasa indonesia mulai terkikis oleh bahasa yang menurut anak muda (remaja) dianggap gaul dan modern. Mulai dari mencampur adukkan antara bahasa asing dengan bahasa indonesia sendiri , menggunakan berbagai singkatan yang tidak diketahui maknanya, sampai dengan mencampuradukkan antara simbol-simbol tertentu dengan angka dan huruf alfabet yang ada. Mereka lebih bangga dan senang dengan bahasa tersebut dan menganggap bahwa bahasa indonesia ini sudah kolot dan ketinggalan jaman serta banyak aturannya.

Entah darimana mereka mendapatkan doktrin seperti ini, tetapi menurut asusmsi penulis mereka terpengaruh oleh dunia teknologi yang sedang naik daun saat ini. Mereka dengan bebasnya berbicara tanpa mengenal aturan yang ada serta jauh dari aturan yang ada. Tidak hanya dari dunia teknologi, tetapi suguhan yang ditampilkan di layar kaca pun sudah jauh dari batas-batas yang diberikan. Banyaknya sinetron yang mengajarkan anak di bawah umur untuk berbicara dan berakhlak yang tidak sesuai dengan nilai dan norma kebudayaan Indonesia. Belum lagi adegan-adegan yang disuguhkan dalam layar kaca jaman sekarang sudah jauh dari ajaran akhlak dan nilai budi pekerti yang baik.

Solusi terbaik yang mungkin bisa diambil adalah, jadikan bahasa indonesia ini sebagai suatu gaya hidup (Life Style) dikalangan anak muda jaman sekarang. Dengan tidak meninggalkan bahasa daerah yang perlu kita lestarikan dan jaga baik-baik. Adapun bahasa asing di luar dari bahasa nasional dan daerah masih sangat perlu kita pelajari untuk menambah pengetahuan dan komunikasi di dunia internasional. Karena dengan bahasa asing tersebut kita dapat mengenalkan bangsa kita kepada negara-negara luar.

Bahasa Indonesia yang Kian Menghilang

Posted on

Sabtu, 27 Oktober 2012

Leave a Reply