Pendahuluan
Istilah ini mungkin masih asing dalam benak diri Kita. Istilah ini biasanya sering muncul dalam dunia perdagangan dan bisnis. Tidak jarang, ada banyak orang yang masih mengeluti dunia perdagangan ini. Tapi taukah Anda arti daripada istilah ini? Dan apa saja karateristik dan ciri-ciri suatu perdagangan atau bisnis dapat dikatan dengan istilah ini? Oleh karena itu, Kali ini penulis akan mencoba memberikan sedikit gambaran mengenai istilah yang sedang diperbincangkan mulai dari pengertiannya, karateritiknya, sampai dengan ciri-cirinya.
Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Pembahasan
Dalam Undang-undang No. 5 Tahun 1999, oligopoli dikelompokkan ke dalam kategori perjanjian yang dilarang. Namun pada umumnya pasar oligopoli tyerjadi pada barang-barang yuang sifatnya homogen atau terkait dengan kartel. Sehingga ketentuan yang berkaitan dengan Oligopoli ini juga harus ada keterkaitan dengan ketentuan yang mengatur mengenai kartel. Jadi tidak saling memisahkan antara peraturan ynag satu dengan peraturan lainnya.
Karakteristik pasar oligopoli :
· Hanya terdapat sedikit perusahaan dalam industri.
· Produknya homogen atau terdiferensiasi.
· Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi.
· Kompetisi non harga.
Penyebab terbentuknya pasar oligopoli :
Efisiensi skala besar di dalam efisiensi teknis (teknologi) dan efisiensi ekonomi (biaya produksi). Profit hanya bisa tercipta apabila perusahaan mampu mencapai tingkat efisiensi. Efisiensi teknis menyangkut pada penggunaan teknologi dalam proses produksi. Kemampuan produsen dalam menempatkan sumber daya secara optimal. Efisiensi ekonomi menyangkut pada biaya produksi. Bagaimana mengatur biaya pada komposisi yang tepat sehingga harga yang dipasarkan merupakan harga yang bisa diterima pasar dan produsen.
Ciri-ciri pasar oligopoli
Berikut ini adalah sebahagian ciri dari pasar Oligopoli:
1. Terdapat banyak penjual/ produsen yang menguasai pasar.
2. Barang yang dijual dapat berupa barang homogen atau berbeda corak.
3. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
4. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Beberapa istilah yang berkaitan dengan Pasar Oligopoli:
¤ Price- fixing, bentuk praktek oligopoli dimana perusahaan2 oligopolitis sepakat untuk menetapkan harga lebih tinggi dan memaksa konsumen untuk menerima harga tersebut.
¤ Manipulasi penawaran, bentuk praktek oligopoli dimana perusahaan2 oligopolitis sepakat untuk menunda proses produksi atau menghentikan penawaran untuk kurun waktu tertentu sehingga terjadi kelangkaan barang di pasar.
¤ price taker, Setiap pembeli tidak bisa mempengaruhi harga pasar
Sumber: