“Long Time No See...” , Sebenernya udah lama banget pengen nulis tentang ini. Dari sejak mulai penulisan bahkan udah ada niat buat berbagi pengalaman. Tetapi apa daya, kesibukan menyita dan menelantarkan ide-ide yang ada di dalam benak pikiran ini (Sok Serius :P).

All Right, gw nga suka bertele-tele jadi langsung aja kita masuk ke dalam pembahasannya. dalam pembahasan ini gw akan memberikan “Point-point Inti” dari perjalan Penulisan Ilmiah (baca: “PI”). Oia, agar tidak terjadi kesalahpahaman, sedikit penjelasan disini mengenai Penulisan ilmiah(“PI”). Penulisan Ilmiah disini merupakan Persyaratan dari Universitas Gunadarma yang diwajibkan untuk semua Mahasiswa yang ingin melanjutkan Jenjang Sarjana Muda (Baca: S1). Masih bingung? (gw juga yang bingung nulis apa... :v). Jadi intinya jika kalian adalah Mahasiswa S1, maka diharuskan menyelesaikan “Penulisan Ilmiah” ini sebelum masuk masuk semester selanjutnya untuk mengerjakan “Skripsi atau Kompre”. Walaupun persyaratan ini tidak ada kaitannya dengan persyaratan untuk masuk ke semester selanjutnya, jadi tetap bisa melanjutkan semester selanjutnya tapi masih punya Hutang untuk menyelesaikan “Penulisan Ilmiah” ini. Siapa juga yang mau mengulang semester di tahun selanjutnya.... (Rugi, buang-buang waktu dan Duit).
Point-Point Penulisan Ilmiah:
1.       Masuk semster 6 dan bertemu Dosen Pembimbing
(Persiapan Tema, Judul (minimal 3 judul), dan waktu)
2.       TEMA dan JUDUL Diterima Pembimbing, lanjut penulisan dan Pembuatan Aplikasi/Pengolahan Data
3.       Lakukan Bimbingan dengan Dosen Pembimbing, Tanya apa Kesulitan dan kendala dari Penulisan Ilmiah yang Saya ajukan
4.       Setelah Penulisan Selesai, Ajukan untuk mendapatkan Surat Sidang dan Surat Persetujuan Ujian Sidang.
(Untuk Point 3 & 4 di atas tergantung Kesepakatan dengan Dosennya ya... :D)
Contoh Surat Persetujuan Ujian Sidang.
5.       Catat baik-baik apa saja persyaratan yang diminta oleh Bagian BAAK, seperti
·         Jadwal Buka-Tutup Loket
Jadwal Buka Loket 17, Kampus D, Margonda, Depok
·         Surat Pengajuan Sidang
·         Pas Foto (4 X 6) sebanyak 4 Lembar (Jaga-jaga aja), jangan lupa Foto-nya dengan kertas DOF (macem foto TK/SD jaman dulu, agak kasar dan Hitam putih)
·         Surat Persetujuan Ujian Sidang Penulisan Penelitian/Kerja Praktek
6.       Setelah semua persyaratan lengkap, silahkan Mendaftar Sidang untuk mendapatkan jadwal sidangnya (Lebih cepat, lebih baik)
7.       Setelah mendapatkan Jadwal Sidang, persiapkan;
·         Slide Presentasi Penulisan Ilmiah (Inti dari Penulisan Ilmiah Kalian)

SLIDE_SIDANG_CONTOH (Donwload)

·         Cetak Penulisan yang telah Kalian Buat, Sebanyak 4 Eksemplar
(1 untuk Kalian, 3 untuk Dosen Penguji)
(Gambar di atas Kiri-Kanan):
Daftar Harga di Poto Kopi Gundar "Kalimalang",
Daftar Harga yang harus dikeluarkan setelah Proses Penjilid-an
8.       Saat Sidang, Persiapkan Benar-benar Materi Penulisan yang kalian buat (Mulai dari Bab1; Latar Belakang, Tujuan Penulisan, Batasan Masalah, Metode penelitian Struktur Navigasi (Jika membuat sebuah aplikasi), Bab2;Tinjauan Pustaka,  & Bab3;Pembahasan)
(Gambar Kiri-Kanan):
Persiapan semalaman sebelum Sidang besoknya,
Syarat yang harus dipersiapkan sebelum Sidang
(Untuk Point 5 & 8 jangan lupa jaga Kondisi Kesehatan dan Mental ya.... Semangat...!! :D)
9.       Setelah Sidang Selesai, bukan berarti selesai semuanya. Itu semua tergantung apakah ada Revisi dalam penulisan atao dari Program/aplikasi yang kalian buat.
(Contoh Hasil Corat-coret Dosen Penguji untuk dilakukan Revisi)
10.   Jika tidak ada revisi/Sudah di revisi, selanjutnya kalian harus mengurus Tanda Tangan kepada Dosen Pembimbing, Ketua Jurusan (Ketua Jurusan yang bersangkutan), dan Kasubag Sidang PI (Kepala Sub Bagian Sidang PI).
untuk Tanda tangan tidak akan bisa langsung diterima dan ditandatangani langsung, butuh waktu dan proses mengantri. Karena nga hanya kalian yang minta tanda tangan, tapi semua mahasiswa baik yang tahun ini sedang menyelesaikan PI/Skripsi, bahkan ada yang dari tahun sebelumnya juga ikut mengantri karna Mengulang semester.
Jangan Lupa Catat Hari dan Jam buka-Tutup Ruangannya, Karena Bikin kesal dan Emosi, jika sampe salah jadwal. (Jadi harap Sabar dan Nikamti Prosesnya, karena harus bolak balik Kalimalang-Depok... (bagi yang kuliah di Kalimalang). Karena siapa tau ketemu teman baru atau bahkan Jodoh di perjalan-nya.... hehehe.... :D  #ngarep)
Oia, hampir lupa Persyaratan agar dapat ditandatangani;
·   Cek ulang semua Kata yang ada di Cover, Pernyataan Originalitas dan Publikasi, Lembar Pengesahan (Nama Dosen, gelar, & Titel-nya), Abstraksi (Format Penulisan, dan Kata-kata-nya),  Kata PengantarDaftar Isi, Daftar Pustaka (Format Penulisan Daftar Pustaka), dan jangan lupa cek Halaman per-halaman. (Biar lebih aman Cek Semuanya aja klo gituh.... hehehe... :v )#Serius .
·         Jangan lupa di jilid dengan Hard Cover, dengan warna masing-masing Jurusan
·        Jangan lupa bawa CD, yg berisi Slide Presentasi, Penulisan yang sudah di convert ke PDF, dan aplikasi/program. (Ini hanya untuk Penulisan Ilmiah yang membuat aplikasi/Program)
(Contoh Cover untuk CD)
11.   Jika smua tanda tangan telah lengkap (Dosen Pembimbing, Ketua Jurusan, dan Kasubag Sidang PI). Sekarang kepengurusan Perpustakaan, mulai dari Cap Buku Penulisan Ilmiah (PI) sampai pembayaran Blangko RP 25.000 (“Dua Puluh Lima Ribu Rupiah”) Atau Sumbang Buku dengan minimal Harga Rp 30.000 (“Tiga Puluh Ribu Rupiah”)
(Contoh Tanda Tangan Lengkap..
Demi menjaga keaslian Tanda Tangan sengaja saya berikan Copyright)
12.   Urusan udah kelar? Belom.  Kita masih harus meng-UPLOAD "Presentasi dan Penulisan" Kita. Berhubung cara Upload-nya agak Panjang (Bukan Ribet), maka saya lampirkan Link "Tata cara Upload Presentasi dan Penulisan Ilmiah (PI)". Silahkan di Download (Tenang nga ada Virus-nya koq...) :

CARA UPLOAD PRESENTASI PI (Download)

CARA UPLOAD DOKUMEN PI (Download)

Dan ini Urusan yang terakhir, Ambil Sertifikat “Kelulusan Setara Sarjana Muda”. Dan ini harus diambil di Gedung 2 kampus D, Margonda, Depok. Walaupun bisa diwakilkan, tetapi dengan persyaratan harus menunjukkan Surat Kuasa disertai Materai kepada Si pengambil.
Yap, begitulah perjalanan Semester 6 di Kampus Univ.Gunardarma yang cukup merepotkan dan melelahkan. Tetapi jika kita bisa mengakalinya dengan baik dan efisien pasti akan berjalan dengan penuh kenikmatan dan Energi Positif (Bahasanya Motivator banget... :P). Apalagi jika Lulus Sidang dengan Teman sekelas dan merasakan susah dan senang bersama.
“Saya Doakan Smoga yang membaca Tulisan ini mendapatkan kenikmatan dalam Menjalankan Proses Sidang dan Lulus Kuliah dengan Cumlaude..”. Mari Kita ucapkan bersama; “Amieeeeeen.....”
Wajah-wajah "Sumringah" setelah Sidang selesai
Buat yang Males Baca di Internet, gw kasih Softcopy-nya:


Thank's to:

Penulisan Ilmiah Selesai (Hampir) Tepat Waktu

Posted on

Sabtu, 01 Maret 2014

3 Comments
  1. Kok fotonya gak ada gue ki??

    BalasHapus
  2. mungkin anda sedang melaksanan Sidang di dalam... (Pengujinya Lama) #penjelasan

    BalasHapus
  3. ka kalo Cetak Penulisan yang telah Kalian Buat, Sebanyak 4 Eksemplar itu yg 1 di print yg 3 di photocopy blh ??? apa di print smua ka?

    BalasHapus